Wisata Kuliner Makanan Khas Yogyakarta

28 April 2011 at 7:57 am 3 comments

Telusurindonesia – Berwisata ke suatu tempat belumlah lengkap tanpa mencicipi makanan khas daerah itu. Kadang-kadang sepiring hidangan dapat bercerita banyak hal tentang kehidupan masyarakat setempat; mulai dari selera, budaya, hingga semangat hidup mereka. Kali ini kita akan jalan-jalan berwisata lidah ke yogyakarta, berikut kuliner khas yogyakarta yang wajib anda cicipi jika anda berkunjung ke kota yogyakarta.

– Bakpia Pathuk


Merupakan panganan khas Yogyakarta yang sudah terkenal luas bagi para wisatawan. Wistawan Domestik dan Wisatawan Manca menjadikan Bakpia Pathuk sebagai oleh-oleh wajib bagi keluarga maupun teman di rumah ketika berkunjung ke Yogyakarta.

Bakpia sebenarnya bukan produk asli masyarakat Yogyakarta ( menurut beberapa sumber yang say abaca dan pahami ) melainkan dari Cina. Dahulu kala ada keturunan Tiong Hoa yang mencoba membuat Bakpia sebagai industri rumahan hanya dijual eceran. Semakin lama peminat Bakpia menjadi meningkat sehingga banyak masyarakat Yogyakarta terutawa wilayah Pathuk sehingga sampai sekarang terkenal dengan Bakpia Pathuk Istilah bakpia sendiri adalah berasal dari dialek Hokkian secara harfiah berarti roti berisikan daging.

Menurut penikmat termasuk saya sendiri Bakpia Pathuk memiliki rasa manis, legit dan gurih. Rasa Manis dan Legit berasal dari campuran Kacang Hijau dan Gula sebagai isi. Rasa Gurih berasal dari kulit luar yang dipanggang dicampur dengan minyak nabati. Seiring dengan perkembangan dari penikmat bakpia yang berbeda-beda mulai berinovasi dengan di isi keju dan coklat.

Lokasi Pembelian
Dapat diperoleh di Pusat Pembuatan di Jl. Aip II KS Tubun, Pathuk, Ngampilan, WIrobrajan, Yogyakarta dan juga di sekitar wilayah Malioboro bisa dicapai dengan jalan kaki maupun becak.

– Geplak


Makanan khas kota Bantul yang terbuat dari parutan kelapa dan gula pasir atau gula jawa dan menjadi trade mark kabupaten bantul yang terletak diselatan kota Yogyakarta.

Menurut penikmat Geplak memiliki rasa manis tapi bukan sembarang manis melainkan manis-manis bercampur gurih kelapa.

Menurut penelitian pangan dan gizi geplak memiliki gizi yang relatif tinggi. Pada tahun 2002 meraih prestasi dari MURI yaitu Geplak raksasa yang dipamerkan dalam acara Bantul Ekspo 2002.

Lokasi Pembelian
Dapat diperoleh di area wisata di Yogyakarta, disepanjang jalan menuju keluar kota atau diperbatasan kota Yogyakarta, di Bandara Yogyakarta, Terminal Yogyakarta, Stasiun Yogyakarta dan di Supermarket Yogyakarta.

– Gudeg Wijilan


Berwisata ke Yogyakarta belum lengkap dan puas kalau belum mencicipi makanan khasnya Yogyakarta yaitu Gudeg. Untuk menikmati Gudeg Wijilan secara khusus datang saja ke kampung Wijilan yang terletak tidak jauh dari keraton Yogyakarta dan Alun-Alun Yogyakarta. Di Kampung Wijilan anda bias menikmati Gudeg dengan puas karena disepanjang jalan berjajar warung yang menjual Gudeg Wijilan.

Menurut Penikmat Gudeg memiliki rasa manis dan gurih, dalam penyajianya gudeg dicampur dengan telur, ayam kampong, tempe bacem, tahu bacem dan sambel krecek.

Gudeg juga bias dijadikan sebagi oleh-oleh untuk dibawa pulang dengan memilih Gudeg kering karena bisa bertahan cukup lama sekitar 3 hari.

Lokasi Pembelian
Terletak dikampung wijilan, Jl. Wijilan sebelah selatan plengkung tarunasura atau plengkung wijilan dan disebelah timur dari alun-alun Utara Yogyakarta.

– Jadah Tempe

Berwisata kekaliurang yang sejuk di lereng gunung merapi kurang nikmat dan lengkap kalau belum mencicipi jadah tempe. Jadah Tempe merupakan makanan khas dari kaliurang kabupaten sleman yang terletak di lereng gunung merapi. Jadah tempe yang terkenal dan legendaries adalah jadah tempe mbah carik dan sudah menjadi trade mark ketika menyebut jadah tempe tidak jauh dari jadah tempe mbah carik. Jadah tempe sangat nikmat ketika dinikmati dalam suasana sejuk dilereng gunung merapi.

Menurut Penikmat jadah tempe memiliki rasa bagai langit dan bumi karena terdiri dari 2 macam makanan yaitu jadah dan tempe. Rasa jadah yang agak hambar ada juga yang gurih dicampur dengan kelapa didalamnya memiliki tekstur lembut dan kenyal dipadu dengan rasa tempe bacem yang manis memiliki tekstur kasar sehingga kalau dimakan memiliki sensasi rasa tersendiri dilidah lain daripada yang lain.

Lokasi Pembelian
Di daerah wisata Kaliurang ditemukan banyak penjual jadah tempe tapi kalau warung jadah tempe mbah carik terletak di Jl. Astamulya, kaliurang, sleman, Yogyakarta dan memiliki cabang disekitar jalan kaliurang.

– Sate Klatak


Jangan dipikir sate ini mirip sate-sate yang beredar di Indonesia, Jangan kaget gan satu porsi hanya terdiri dari 2 tusuk sate tetapi irisan dagingnya terbilang besar dibanding dengan sate-sate biasanya. sate yang satu ini beda gan karena dibumbui dengan garam dan dipanggang jerusi besi serta tusuk sate tidak menggunakan bamboo tetapi jerusi besi karena besi mampu menghantarkan panas yang baik sehingga irisan daging yang besar bias matang dengan perfect. Sate Klatak sering disinggahi oleh seniman Yogyakarta.

Lokasi Pembelian
Terletak dipasar jejeran Kecamatan Pleret Bantul Yogyakarta buka jam 18.30, sepanjang jalan Imogiri Timur dan di Purawisata Yogyakarta.

– Thiwul

Makanan pokok pengganti nasi beras yang dibuat dari ketela pohon atau singkong. Penduduk Pegunungan Kidul dikenal mengonsumsi jenis makanan ini sehari-hari.

Tiwul dibuat dari gaplek. Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras. Tiwul dipercaya mencegah penyakit maag, perut keroncongan, dan lain sebagainya. Tiwul pernah digunakan untuk makanan pokok sebagian penduduk Indonesia pada masa penjajahan Jepang.
Menurut Penikmat Thiwul memiliki rasa gurih dan manis serta dapat merasakan aroma gula merah yang dipadu dengan kelapa parut. Tekstur thiwul mental-mentul (bulat-bulat kecil) dan sedikit kenyal membuat makanan khas gunungkidul ini enak dikunyah apalagi kalau kondisi masih hangat nyam-nyam-nyam.

Memiliki kadar kalori rendah akan tetapi memiliki kandungan gizi lebih tinggi karena mengandung lemak, kalsium, zat besi serta vitamin A dan C.

Lokasi Pembelian
dapat diperoleh di sentra penjualan oleh-oleh yang terdapat di Gunungkidul.

*dari berbagai sumber

Entry filed under: Kuliner. Tags: , .

Bung Karno: Tokoh Proklamator Alat Musik Angklung

3 Comments Add your own

  • 1. fingkanchacha  |  30 November 2012 at 2:59 pm

    […] Wisata Kuliner Makanan Khas Yogyakarta […]

    Reply
  • 2. foodblog  |  30 March 2014 at 7:58 pm

    Pernah nyobain sate klatak. Lokasinya jauh banget dari pusat kota. Bingung kalo gak ada yang ngasih tebengan motor kalo pengen kesana. Hehe

    Reply
  • 3. jalan sambil jajan  |  30 March 2014 at 7:59 pm

    Enakan gudeg yu djum apa gudeg di wijilan?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Welcome To My Blog

Selamat datang teman, blog ini berisi informasi tentang keanekaragaman Indonesia yang mungkin dapat bermanfaat bagi kalian semua. Selamat membaca !

blog ini dapat diakses melalui telusurindonesia.wordpress.com

Categories

Recent Posts

Statistik

  • 39,621 Pengunjung


IP Anda
free counters



© 2011 - Telusur Indonesia Semua artikel bebas untuk dicopy paste, ditulis ulang dan disebarluaskan dengan tujuan nonkomersial, dengan menyertakan sumber.